Prinsip Kerja Kompresor Udara

Prinsip Kerja Kompresor Udara

Prinsip Kerja Kompresor Udara – Kompresor adalah sebuah mesin yang berfungsi memampatkan tekanan udara dan memindahkan gas bertekanan rendah mejadi gas yang bertekanan lebih tinggi. Kompresor akan menghisap udara bertekanan rendah untuk ditampung dalam sebuah tabung sehingga memiliki tekanan tertentu untuk dapat digunakan dengan tekanan udara yanglebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan tekanan dan kecepatan yang lebih tinggi, maka udara yang berada dalam sebuah tabung kompresor dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal seperti mengisi tekanan udara pada ban kendaraan, membantu memberikan tekanan penyemprotan pada tabung cat, membantu memberikan tekanan udara untuk diubah menjadi lebih dingin seperti pada kulkas dan masih banyak lagi fungsi dari kompresor ini.

Kompresor dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah Positive Displacement Compressor, yaitu kompresor yang terdiri dari reciprocating dan rotari. Dan yang kedua adalah Dinamic Compressor atau Compressor Turbo, yaitu kompresor yang memilki sentrifugal, axial adan ejektor.

Prinsip Kerja Kompresor Udara

Kompresor udara torak yang dilengkapi silinder torak yang bekerja secara vertikal untuk menghisap dan memompa udara kemudian memberikan tekanan pada tabung penyimpanan sehingga udara yang berada di dalam tabung dipampatkan dan dirubah tekanannya menjadi lebih tinggi dari udara luar. Prinsip kerja dari kompresor ini adalah pada saat torak bergerak untuk menghisap udara, tekanan udara yang berada di dalam silinder mengecil, sehingga udara luar akan terhisap masuk.

Setelah torak bergerak menuju titik mati, maka udara yang berada dalam tabung silinder akan di tekan masuk ke dalam tabung penyimpanan dan diberikan tekanan oleh gerakan dari torak tersebut. Proses ini terjadi secara berulang – ulang hingga mengatur tekanan membatasi jumlah asupan udara yang akan disimpan dalam tabung penyimpanan.

Setelah mesin dalam keadaan mati maka saluran pembuangan otomatis akan membuang sisa udara yang masih berada di dalam tabung silinder atau pada jalur sebelum melalui katup satu arah. Hal ini bertujuan agar pada saat awal mesin kembali dinyalakan tidak akan terjadi tekanan balik dari sisa udara yang menyebabkan mesin menjadi lebih berat dalam memberikan suplai udara ke tabung penyimpanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*